TIPS MEMILIH POM BENSIN DAN MENGISI BENSIN YANG BENAR ::..




1. LEBIH BAIK ISI DI POM BENSIN PERTAMINA KODE 31 atau (Angka Kedua 1)
Tiap pom bensin memiliki kode depan masing-masing. Lalu dimana kita bisa mengetahuinya ?
Coba perhatikan plang nama besar saat menuju ke SPBU. Di wilayah Jakarta dan sekitarnya tertera huruf 31.XXXXX atau 34.XXXXX. Itu bukan kode buntut. Huruf awal pertama menandakan kode wilayah . Sedang angka kedua mengandung arti kepemilikan.

Kepala 3 berarti SPBU berdomisili di Jakarta, Jawa Barat, Banten dan sekitarnya. Kalau kepala 5 sepertinya Surabaya. Digit kedua, jika angka 1 berarti kepemilikan Pertamina sendiri. Sedangkan angka 4 berarti kepemilikan swasta atau dealer. Jadi yang penting angka keduanya 1 tidak masalah berapapun angka pertamanya karena itu kode wilayah .

Karena, sebenarnya ada tiga kategori SPBU (berdasar pada situs spbu.pertamina.com) :

1. COCO (Corporate Owner Corporate Operate)
2. CODO (Corporate Owner Dealer Operate)
3. DODO (Dealer Owner Dealer Operate)

Karena dikendalikan oleh Pertamina, maka kualitas SPBU model COCO dan CODO diyakini lebih baik dibanding DODO. Tanpa bermaksud menyamaratakan, di sisi bisnis bisa dimengerti, karena ingin cepat balik modal, Pengusaha jadi berlaku curang. Maka disarankan isi bensin sebaiknya di SPBU yang milik Pertamina (angka keduanya 1) karena Quality Control-nya cukup bagus.

Dari pengalaman para supir taksi dan orang2 yang telah pengalaman cek saat isi bensin, kode 31 (Angka Kedua 1) takarannya sesuai sedangkan yang 34 agak berbeda meskipun ada tanda "PASTI PAS".

Menurut banyak orang juga kode pertamina 31 (Angka Kedua 1) ternyata paling baik (kualitas bensin) dibanding dengan kode 34.

Cara membuktikannya:

- Coba bagi anda yang menggunakan mobil/ motor matic, pastinya akan terasa tarikan mobilnya. Jika mengisi bensin di Pertamina dengan tanda kode 31 (Angka Kedua 1) akan terasa tarikan mobilnya lebih kencang dan tidak terlalu kotor dibanding dengan tanda pom dengan tanda kode lainnya

- Bandingkan jumlah mobil/ motor yang isi bensin di pom bensin tersebut, di pom bensin kode 31 (Angka Kedua 1) pasti sangat ramai sedangkan yang kode 34 agak cenderung sepi.. Silahkan Anda buktikan sendiri ..

- Coba anda isi 1 Liter bensin di Pom bensin 31 (Angka Kedua 1) dan pom bensin 34, bandingkan saja dari sisi kualitas (mesin lebih enak) maupun kuantitasnya (yang mana yang lebih cepat habis).

- Coba anda tanyakan supir angkot atau supir taksi dimana pom bensin yang bagus, pasti sebagian besar mereka jawab di pom bensin 31 (Angka Kedua 1) karena mereka juga banyak isi di pom bensin kode 31. Meski tidak semua 34 juga yang melakukan hal2 seperti itu.

2. SETIAP ISI BENSIN MINTA KEPADA PETUGASNYA TUAS HANDLE SELANG JANGAN DITEKAN TAPI DILEPAS AJA WAKTU DITARUH DI TANGKI KITA
Pernahkah Anda sewaktu isi bensin, tuas handle ditekan2 oleh petugasnya? Kenapa begitu? Karena banyak oknum yang nakal dengan cara memainkan takaran bensin seperti itu sehingga jumlah bensin yang kita isi lebih sedikit dari apa yang seharusnya.
Pengalaman isi di pom bensin kode 31 (Angka Kedua 1), Petugas tidak pernah menekan-nekan tuas handle selang sewaktu mengisi bensin, sedangkan di kode 34 liat saja..Jika Anda sewaktu mengisi bensin hal tersebut dilakukan, tegur saja petugasnya.

3.ISILAH BENSIN WAKTU HARI MASIH PAGI KETIKA TEMPERATUR TANAH MASIH DINGIN
Ingat bahwa semua SPBU mempunyai tangki penyimpanan di bawah tanah.Semakin dingin tanahnya maka semakin padat/kental bahan bakarnya. Jika temperatur mulai panas/hangat, maka bahan bakarnya akan mengembang.

Jadi jika membeli bahan bakar pada siang hari atau petang hari..sebenarnya bahan bakar yang diisikan ke dalam tanki kendaraan anda jelas lebih sedikit dibanding jumlah liter yang anda beli.Dalam bisnis perminyakan, gravity yang spesifik dan temperatur bensin, diesel dan bahan bakar pesawat jet, ethanol dan produk minyak lainnya punya peranan penting. Kenaikan 1 derajat merupakan hal yang sangat berpengaruh dalam bisnis ini. Tetapi SPBU tidak memberikan anda rugi/kompensasi karena temperatur 

4. ISI BENSIN SAAT TANKI KENDARAAN ANDA MASIH SETENGAH PENUH.
Alasannya adalah semakin banyak bahan bakar yang ada di tanki kendaraan, maka semakin sedikit udara yang ada di bagian tanki yang kosong. Bensin menguap lebih cepat dari pada yang bisa kita bayangkan. Dalam bisnis perminyakan biasanya tanki penyimpanan bensin mempunyai apa yang kita sebut atap yang mengapung (floating roof) yang berfungsi sebagai Clearance Zero antara bensin dan atmosfer sehingga penguapannya bisa dikurangi, tetapi hal itu tidak terdapat di SPBU.

5 .JANGAN ISI BENSIN JIKA ADA TRUK BAHAN BAKAR SEDANG MENGISI TANKI PENYIMPANAN
Hampir pasti bensin/solar akan teraduk saat bahan bakar dipompakan dari truck ke tanki penyimpanan SPBU, dan kemungkinannya akan ada kotoran di dasar tanki penyimpanan yang teraduk naik dan terikut masuk ke tanki kendaraan anda..

Comments

Popular posts from this blog

Pengabdian Masyarakat Prodi Keswan di Desa Bipolo, Kecamatan Sulamu Kab Kupang tahun 2024

Program Studi Kesehatan Hewan Politani Kupang dan Zoetis Indonesia Jalin Kerja Sama Tingkatkan Kesadaran Rabies di Kec Kolbano TTS.